Jumat, 02 Januari 2015

MODUL WAWASAN SOSIAL BUDAYA MARITIM (WSBM) / WAWASAN SOSIAL BUDAYA BAHARI (WSBB)



Take Home 1 WSBM
PIP KELAUTAN, VISI UNHAS DAN TUJUAN PEMEBLAJARAN WSBM
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.      Jelaskan dengan singkat yang dimaksudkan bahwa Mk. WSBM sebagai ciri/identitas ke-Unhas-an!
Jawaban :
Yang dimaksudkan ialah bahwa Mata Kuliah Wawaasan Sosial Budaya Maritim  adalah salah satu komponen mata kuliah berkehidupan bermasyarakat di UNHAS yang mengintroduksi materi-materi kemaritiman, antara lain potensi sumber daya maritime, fakta demografi, dan sosial ekonomi maritime, masyarakat maritime beserta dianamikanya, nilai-nilai budaya maritime yang perlu dikembangkan dan dipromosikan yang kesemuanya mengarah pada karakteristik Benua Maritim dan pembangunannya.

2.      Kemukakan dengan singkat dan jelas, mengapa “kelautan” dipilih oleh Unhas sebagai PIP-nya!
Jawaban :
UNHAS memilih kelautan didasari perkembangan-perkembangan rasional berikut:
1. Manusia sangat tergantung kepada sumberdaya alam menghadapi kendala berupa  berkurangnya ketersediaan sumberdaya alam di daratan yang memaksa manusia untuk beralih memanfaatkan sumberdaya alam lautan.
2. Pergeseran kutub perdagangan dunia dari Eropa dan Amerika ke wilayah Pasifik yang akan melibatkan puluhan Negara yang secara geografis yang didominasi laut, maka dapat diramalkan perdagangan dunia di masa depan banyak memanfaatkan sumberdaya kelautan termasuk jasa lingkungan laut.
3.  Peran lautan sangat penting sebagai regulator proses alamiah yang terjadi di atas permukaan bumi yang sering mengalami anomali iklim yang secara langsung maupun tidak langsung memengaruhi kehidupan umat manusia.
4. Laut adalah peluang, tantangan, dan harapan untuk masa depan persatuan, kesatuan, dan pembangunan Indonesia, menunjukkan posisi strategi laut bagi masa depan Indonesia.
 
3.  Uraikan dengan singkat tujuan pembelajaran WSBM ( WSBB ) di Unhas!
Jawaban :
Tujuan pembelajaran dari mata kuliah ini yaitu memberikan wawasan dan landasan pengetahuan serta keyakinan  kepada mahasiswa  sebagai bekal hidup bermasyarakat selaku individu dan  mahluk sosial yang beradab dan bertanggung jawab terhadap SDA dan lingkungan benua maritime, serta menjadi cirri  kepribadian sebagai luaran unhas.

Take Home 2 WSBM
BENUA MARITIM INDONESIA (BMI)
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.      Uraikan dengan singkat latar belakang lahirnya konsep Benua Maritim Indonesia (BMI)!
Jawaban :            
Latar belakang lahirnya BMI  yaitu salah satunya karena keadaan perairan wilayah laut Indonesia yang strategis dan berada di sekitar kepulauan Indonesia. Wujud wilayah kedaulatan Indonesia dan yuridiksi Indonesia membentang luas di cakrawala khatulistiwa yang merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia terdiri dari zona pantai, landas benua, cekungan benua, cekungan samudra di bawahnya dan udara di atasnya.

2.   Konsep BMI memiliki beberapa dimensi. Kemukakan dan Jelaskan minimal dua di antara dimensi- dimensi tersebut !
Jawaban :

  1. Dimensi  kewilayahan ditinjau dari kehidupan umat manusia, BMI dan planet  bumi merupakan satu kesatuan yang utuh. Dalam kaitan ini, setiap negara memiliki tepi benua sebagai bagian dari wilayah kedaulatan. Maka, BMI dalam pendayagunaannya mempunyai nilai tertentu yang tidak sama setiap kawasan di bumi
  2. Dimensi kehidupan social BMI sebagai aktualisasi wawasan nusantara dalam dimensi kehidupan nasional mencakup kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

3.    Jelaskan menurut Anda tentang keterkaitan antara jurusan/program studi Anda dengan konsepsi Benua Maritim Indonesia!
Jawaban :
Keterkaitan konsepsi Benua Maritim Indonesia dengan program studi saya sebagai mahasiswa pertanian adalah konsepsi maritim dapat membantu dalam pembangunan usaha pertanian, dalam hal media transportasi laut sangat efektif untuk peluasan jalur dagang hasil pertanian serta pertukaran bibit unggul dari suatu tempat ketempat lainnya.

Take Home 3 WSBM
POTENSI DAN SUMBERDAYA KEMARITIMAN INDONESIA
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.      Jelaskan  menurut Anda keuntungan apa yang dapat diperoleh Indonesia terkait dengan posisi dan letak geografis Indonesia sebagai Negara marirtime terbesar di dunia !
Jawaban :
Keuntungan yang dapat di peroleh Indonesia dari posisi yang strategisnya yaitu dapat menjadi jalur transportasi dan dagang, pantai sebagai pariwisata serta memiliki sumberdaya yang berlimpah ruah  diantaranya berbagai jenis ikan, biota laut, pulau-pulau kecil, maupun terumbu karang yang semuanya dapat di manfaatkan oleh masyarakat.

2.      Uraikan secara singkat dan jelas tentang peluang dan tantangan pengembangan dan pemanfaatan potensi sumberdaya kemaritiman Sulawesi selatan !
Jawaban :
Peluang pengembangan dan pemanfaatan potensi sumberdaya kemaritiman Sulawesi selatan diantaranya perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan produk perikanan, industri bioteknologi, pariwisata bahari dan pantai, pertambangan dan energi, perhubungan laut, industri kapal, bangunan laut dan pantai, ekosistem pesisir dan laut : mangrove, padang lamun, dan terumbu karang. Pulau-pulau kecil, dan benda-benda berharga.
Tantangan dalam pengembangan pengembangan dan pemanfaatan potensi sumberdaya kemaritiman Sulawesi selatan adalah kurangnya kesadaran masyarakat dan partisipasi pemerintah dalam pengembangannya serta pemanfaatan sumberdaya yang berlebihan dan tidak benar dapat merusak ekosistem laut dan menghabiskan sumberdaya yang tidak dapat pulih kembali.

3.   Potensi pembangunan yang terdapat di wilayah pesisir secara garis besar terdiri dari tiga kelompok. Sebutkan dan berikan contoh masing-masing !
Jawaban :

  1. Sumberdaya dapat pulih, contohnya : ikan pelagis besar/kecil, ikan demersal, dll
  2. Sumberdaya tak dapat pulih, contohnya : bahan tambang dan mineral (bahan bangunan, garam, emas, batu apung, dan siderite)
  3. Jasa-jasa lingkungan, contohnya : pengaturan iklim, keindahan alam, dan wisata bahari, serta  penyerapan limbah.

Take Home 4 WSBM
FAKTA DEMOGRAFI KEMARITIMAN
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.      Gambarkan dengan ringkas fenomena social demografi kebaharian di Indonesia !
Jawaban :            
Konsep sosial demografi kebaharian merujuk kepada kesatuan atau kumpulan manusia, baik yang mendiami daerah pantai dan pulau-pulau maupun yang berasal dari lingkungan perkotaan dan pedesaan atau tempat-tempat yang jauh dari daerah pesisir, yang menggantungkan sumber pendapatan ekonomi dan aktivitasnya pada pemanfaatan sumberdaya peraiaran dan jasa-jasa laut, yang dapat ditunjukkan dengan jumlah jiwa secara eksa atau dengan penaksiran semata. Dalam konteks Indonesia, fenomena demografi kebaharian terutama dapat digambarkan pada aspek-aspek kondisi populasi, pendidikan, sektor ekonomi kebaharian, kategori penduduk menurut sektor ekonomi dan aktivitas pengembaraannya.

2.      Kemukakan dan jelaskan secara singkat kategori penduduk maritime !
Jawaban :
a.  Penduduk nelayan Menurut asal-usul tempat pemukiman dibedakan atas penduduk nelayan pesisir dan pulau-pulau dan penduduk nelayan yang berasal dari keluarga-keluarga yang tinggal secara terpisah-pisah di kawasan pemukiman perkotaan, pinggiran kota, dan daerah-daerah pedalaman.
b.  Pelayar/pengusaha transportasi laut merupakan kategori penduduk pemangku budaya bahari tulen. Ilmuwan dan sejarahwan menganggap mereka kelompok masayarakat maritim murni karena aktivitas pelayarannya yang intensif mengarungi lautan antar pulau, negara, bahkan benua. Terbagi atas, pelayar kawasan pesisir/pulau-pulau dan pelayar perkotaan/pedesaan darat.
c. Pengguna sumber daya dan jasa-jasa laut yang lain termasuk didalamnya adalah para pedagang hasil-hasil laut, rentenir, pekerja dipasar/pelelangan ikan, pengelola dan pekerja industri hasil laut bahkan marinir, pemerintah, perguruan tinggi, LSM dan pemerhati lingkungan.

3.      Buatlah suatu skema sederhana tentang mobilitas penduduk maritim !
Jawaban :
Mobilitas geografi penduduk nelayan umumnya dengan pemanfaatan secara terbuka, memungkinkan nelayan selalu berpindah dari lokasi yang kurang stok sumber ke lokasi yang melimpah stoknya. Bagi nelayan, lautan adalah sumber tangkapan dan mencari spesies yang laris di pasar.
Mobilitas pelayar pelabuhan kota untuk bongkarmuat barang dan penumpang. Bagi palayar, lautan hanyalah prasarana jaringan dan rute transportasi antar kota dan sebagainya.

Take Home 5 WSBM
SEJARAH KEMARITIMAN INDONESIA
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.   Uraikan secara singkat visi kemaritiman yang dikembangkan dari salah satu kerajaan maritime yang  pernah ada di Indonesia !
Jawaban :
Kerajaan Maritim Goa membuat langkah-langkah dalam membangun Negara maritim, yakni  mengatur dan menguasai produksi pertanian dan hasil pedalaman untuk komoditi perdagangan maritim, menjadikan Somba Opu sebagai transit utama, menjalin hubungan kerjasama diplomatic, membangun angkatan perang dan benteng-benteng pertahanan pantai dan meningkatkan penghasilan negara melalui perdagangan.

2.      Jelaskan secara singkat yang dimaksud dengan “Zaman Bahari”!
Jawaban :   
Zaman Bahari  yaitu zaman di masa lampau dimana kreativias kehidupan umat manusia mendapatkan rangsangannya dari bahari atau lautan. Bisa juga diartikan sebagai zaman keemasan atau kejayaan peradaban di lautan yang memberi semarak kepda negeri maritim.

3.      Uraikan dengan jelas yang termasuk kategori Maritime Great Tradition dan Maritime Little Tradition !
Jawaban : 
  Maritime great tradition merupakan tradisi maritime besar termasuk di dalamnya tatanan dan perkembangan budaya maritime yang mencakup politik pemerintahan, ideologi, hukum, perdagangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, astrologi, filsafat, seni dan arsitektur kemaritiman.
Maritime little Tradition mencakup aktivitas penangkapan ikan di laut, perikanan tambak,pengelolaan hasil laut dan sistem pemasarannya.




Take Home 6 WSBM

KONSEP DASAR SISTEM SOSIAL DAN SISTEM BUDAYA
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.      Menurut Talcott Parsons,  karakteristik lain dari suatu system social yaitu bahwa system social cenderung akan selalu mempertahankan keaseimbangan. Jelaskan dengan singkat maksud pernyataan tersebut !
Jawaban :
Sistem  sosial akan berusaha menyesuaikan diri dari suatu perubahan dan mencoba untuk kembali ke keadaan semula. Sistem merupakan suatu totalitas unsur atau bagian yang saling berhubungan dan memiliki ketergantungan satu sama lain dalam satu kesatuan yang seimbang.

2.      Uraikan dengan singkat salah satu unsuer yang  ada pada system sosial !
Jawaban :
Interaksi sosial merupakan hubungan yang dinamis, yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antarakelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia. Faktor-faktor interaksi sosial terbentuk oleh tindakan sosial, kontak sosial, dan komunikasi. Bentuk Interaksi sosial menurut jumlah pelakunya dapat berupa Interaksi antara individu dan individu, interaksi antara individu dan kelompok, interaksi antara kelompok dan kelompok. Bentuk Interaksi Sosial menurut Proses Terjadinya dapat berupa Imitasi, Identifikasi, Sugesti, Motivasi, Simpati, Empati.

3.      Uraikan dengan singkat salah satu unsure yang ada pada system budaya !
Jawaban :
Norma (norm) adalah aturan atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai sesuatu. Norma dapat dibagi atas norma yang menyangkut tingkah laku manusa dan norma menyangkut benda. Disamping itu, wujud norma dapat berupa norma umum dan norma khusus. Norma umum dibagi atas norma hukum yang mengatur tata tertib di masyarakat dan berisi sanksi tegas, norma moral, norma kesopanan tentang apa yang boleh dilakukan atau tidak dan  norma moral yang menentukan perilaku itu baik atau buruk dari sudut etis.

Take Home 7 WSBM
MASYARAKAT MARITIM
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.   Sebutkan  kelompok-kelompok etnis yang menjadi cikal bakal masyarakat maritime di Indonesia dan mengapa mereka disebut demikian !
Jawaban :
Kelompok-kelompok etnis masyarakat maritime di Indonesia yaitu, teluk Bone Makassar (Galesong, Tello, Pangkep), Mandar (Sulawesi Barat), Buton (Sulawesi Tenggara) dan Madura (Jawa Timur). Karena mereka merupakan etnis yang bersamaan muncul dan berkembang pada semua daerah pesisir dan pulau-pulaunya yang menjadi salah satu mata pencaharianya yaitu sebagai nelayan dan pelayaran yang melanjutkan budaya nenek moyang mereka sebagai penganut budaya bahari.

2.   Jelaskan dengan singkat  karakteristik  social masyarakat bahari, khususnya masyarakat nelayan dan pelayar !
Jawaban :
Terdapat enam karakteristik social mencolok masyarakat maritime, terutama masyarakat nelayan dan pelayar, yakni (1) hubungan dengan ketergantungan secara pisik dan psiko-sosio-budaya pada lingkungan alamnya, (2) pemanfaatan lingkungan dan sumber daya laut secara bersama, (3) hubungan dengan dan kebutuhan secara mutlak pada kelembagaan local, (4) hubungan dengan dan ketergantungan secara mutlak pada pasar lokal, regional, dan global, (5) hubungan dengan dan ketergantungan pad berbagai pihak berkepentingan dari luar, dan (6) mobilitas geografi yang tinggi dan jaringan kesukubangsaan yang luas.

3.      Uraikan dengan singkat proses dinamika structural yang terjadi pada masyarakat maritim !
Jawaban :
Proses dinamika structural yang terjadi pada masyarakat maritim kita yaitu struktur inti/elementer dari kelompok organisasi ini ialah P.laut atau juragan dan sawi. P.laut berstatus pemimpin pelayaran dan aktivitas produksi  dan sebagai pemilik alat-alat produksi. Para P.laut memiliki pengetahuan kelautan, pengetahuan dan keterampilan manejerial, sementara para sawi hanya mengetahui pengetahuan kelautan dan keterampilan kerja/atau produksi semata.
 
Take Home 8 WSBM
KEBUDAYAAN MARITIM : SISTEM IDEASIONAL, KOGNITIF DAN MENTAL
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.   Bedakan antara  wujud gagasan, wujud tindakan/prilaku, dan wujud material/kebendaan  dari kebudayaan maritim !
Jawaban :
Wujud gagasan berupa klasifikasi pengetahuan, pendapat (wawasan, pemahaman, pemaknaan), nilai keyakinan/kepercayaan, pandangan hidup, ideology, norma atau aturan, moral/etika, emosi dan perasaan kolektif, refleksi/intropeksi diri, dan intuisi yang kait mengait membentuk satu kesatuan menyeluruh disebut system budaya.
Wujud tindakan/prilaku meliputi komponen-komponen interaksi manusia (pergaulan, berkawan, kerjasama, dan tolong-menolong), kelompok atau organisasi sosial, dan lain-lain, yang kait-mengait membentuk satu kesatuan menyeluruh disebut “sistem social” (social system).
Wujud material/kebendaan buatan manusia berupa segala sarana dan prasaran fisik yang diciptakan dan diperlukan dalam berbagai bidang kehidupan manusia disebut budaya  material (material cultural system).

2.      Kemukakan secara sistematis unsure-unsur kebudayaan yang Saudara ketahui !
Jawaban :
  1. Sistem pengetahuan (knowledge)
  2. Sistem bahasa (languages)
  3. Sistem mata pencaharian hidup (economy)
  4. Sistem peralatan hidup (technology)
  5. Sistem religi/agama dan kepercayaan (religion and belief)
  6. Sistem kesenian (arts)
3.  Gambarkan secara singkat dan jelas keterkaitan antar satu  unsure dengan unsure  lainnya dalam kebudayaan maritim !
Jawaban :
Setiap unsur kebudayaan saling keterkaitan membentuk satu kesatuan kebudayaan yang menyeluruh (holistic). Untuk mengkaji dan membanguan salah satu unsur harus dipahami dan dilihat dalam konteks keseluruhannya, bukan secara parisal. Setiap unsur kebudayaan mengandung dan dapat dianalisis dalam tiga wujud kebudayaan (sistem budaya, sistem sosial dan budaya material).
 
Take Home 9 WSBM
KEBUDAYAAN MARITIM : SISTEM TEKNOLOGI, SENI DAN EKONOMI
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.  Uraikan pertimbangan-pertimbangan masyarakat maritime dalam merekayasa tipe-tipe perahuyang digunakan dalam melaut !
Jawaban :
  • Pertimbangan yang diambil masyarakat maritime dalam merekayasa tipe-tipe  dalam melaut yaitu ada dua tipe   musim diantaranya musim barat dan timur, dengan pola atau karakteristik masing-masing.
  • Bulan 12-6 berlangsungnya musim barat dengan hujan lebat, angin/badai besar dan arus kuat dari arah barat ke timur  kurang memungkinkan aktivitas nelayan dan pelayaran rakyat.
  • Sebaliknya musim timur antara bulan 7-12 ditandai dengan angin dan arus gerak lemah dari timur ke barat memberikan peluang besar bagi nelayan dan pelayaran rakyat beroperasi secara intensif.
  • Dari musim barat ke timur ada musim beralihan berlangsung selam lebih 3 bulan  (bulan 5-bulan 7) membawa angin dengan goncangan ombak kurang menentu tak henti-hentinya. Di beberapa perairan terbuka di Indonesia bagian timur termasuk Sulawesi selatan kecuali sebagaian kecil teluk bone sulit di masuki selam musim peralihan tersebut.
·     Nelayan pulau Sembilan, khususnya menangka kerapu (sunu dalam istilah lokal), mempunyai pengetahuan munculnya sunu dan ikan karang besar lainnya, yaitu antar bulan 10 –bulan 4. Mereka mengetahui juga bahwa dalam setiap bulan musim hanya 15 hari, yaitu paruh kedua bulan itu digunakan menangkap ikan selama 15 hari pertama dari setiap bulan musim ikan-ikan bersembunyi.

2.   Tipe-tipe perahu atau kapal bukan hanya dicirikan dengan konstruksi atau desain semata, tetapi juga unsur-unsur seni yang melekat di perahu ataukapal tersebut. Kemukakan contoh unsur-unsur seni yang dimaksud !
Jawaban :
Unsur-unsur  seni yang melekat pada kapal atau perahu yaitu, ukiran, warna, dan motiv-motiv bermakna, gambar, warna cet, lagu dan musik. Serta didasarkan pada pertimbangan nilai pragmatis berupa fungsi keseimbangan, daya muat, dan kecepatan, dari pada nilai seni dan religious.

3.    Terdapat lima bentuk pemilikan atau penguasaan wilayah atau sumberdaya laut. Kemukakan dan jelaskan secara singkat kelima bentuk kepemilikan tersebut !
Jawaban :
  • Pemilikan/penguasaan bersama komunitas (communal property right)
  • Pemilikan/penguasaan individual/keluarga (individual/family property right)
  • Pemilikan/penguasaan privat (private property right)
  • Pemilikan/penguasaan negara (state property right)
  • Penguasaan dan pemanfaatan secara bebas/terbuka (common property/open access/use)
Take Home 10 WSBM
PEMBANGUNAN BENUA MARITIM INDONESIA (PBMI)
KLP
DISKUSI
NAMA
NIM
PROGRAM
STUDI
TANDA
TANGAN
3
ADHE RIANY RAHMAN
G11114034
AGROTEKNOLOGI


1.    Sebutkan dan jelaskan potensi pembangunan ekonomi kemaritiman menurut sector kegiatan dalam rangka Pembangunan Benua Maritim Indonesia !
Jawaban :
Indonesia memiliki potensi pembangunan kemaritiman dalam sector kegiatan karena Indonesia mempunyai wilayah yang strategis dan yang dapat di tinjau dari berbagi segi, baik dari segi geografi sampai dengan social budaya serta ekonomi, maka Indonesia layak disebut sebagai sebuah benua. Melalui sector kelautan dapat memanfaatkan laut sebagai sumber pemenuhan kebutuhan manusia, terutama sebagai sumber pangan karena pemanfaatan perikanan baru sekitar 35% dari potensi yang ada. Lautan dan dasar laut sebagai sumber bahan dasar dan sumber energi, lautan sebagai medan kegiatan industri dan laut sebagai tempat bermukim dan bermain. Pemanfaatan laut sebagai tempat bermukim sebagian suku laut seperti suku badjo,suku anak laut, belumlah dikelolah dengan baik serta laut sebagai Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia ( ZEEI ).

2.   Identifikasi secara sitematis masalah-masalah yang dihadapi dalam pembangunan kemaritiman di Indonesia saat ini !
Jawaban :
Dalam pembangunan kemaritiman di Indonesia saat ini dapat di jumpai berbagai masalah diantaranya, belum mampunyai masyarakat menggali potensi sumber daya laut yang ada dalam sector ekonomi, potensi maritim belum mendapatkan prioritas penanganan secara proporsional sehingga kendala tak pernah dapat diatasi secara tuntas, terutama yang menyangkut upaya memelihara langkah dan keterpaduan pembangunan, tidak adanya sistem pengelolaan terpadu, yang mengakibatkan musnahnya hutan bakau, rusaknya terumbu karang, abrasi pantai, intrusi air laut, pencemaran pesisir dan laut seta perubahan iklim global.
Masing-masing pelaku pembangunan dalam menyusun perencanaanya sangat terikat pada sektornya sendiri tanpa adanya sistem koordinasi baku lintas sector.
Belum adanya lembaga yang berwenang penuh baik di pusat maupun di daerah yang mempunyai wewnang penentu dalam pembangunan maritim secara utuh dan belum lengkapnya peraturan perundang-undangan yang mengatur kewenangan pengelolaan sumber daya maritim, serta belum lengkapnya tata ruang yang mencakup wilayah pesisir dan laut nasional yang dapat dijadikan sebagai induk perencanaan bagi daerah.

3.      Dari permasalahan pembangunan kemaritiman yang Saudara identifikasi pada soal No.2 di atas. Uraikan strategi apa yang menurut Saudara yang dapat  dilakukan untuk penanggulangan masalah-masalah tersebut !
Jawaban :
Strategis yang dapat dilakukan beberapa cara untuk menanggulanginya yaitu :
  • Penataan peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan pembangunan maritime yang bersifat lintas sektoral
  • Penciptaan dan peningkatan sumberdaya maritime yang handal dan professional
  • Penataan peraturan perundang-undangan disertai upaya penegakan peratuaran hukum yang konsisten.
  • Sistem pengumpulan dan pengelolaan informasi maritime yang dapat diakses secara luas.
  • Pembentukan wadah untuk menyuburkan upaya penelitian dan pengembangan maritime untuk dapat mempermudah penerapan ilmu dan teknologi kelautan, utamanya bagi nelayan tradisional.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar